TUGAS METODE DAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
ANALISIS TENTANG METODE DISKUSI
“PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013”
Disusun oleh :
Abdurrohman
Nur Hidayat (K2513001)
PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2014
METODE
DISKUSI
Pada
tugas kali ini saya akan menganalisis/berkomentar mengenai artikel ilmiah yang
berjudul METODE DISKUSI. Sebelum berkomentar tentang jurnal yang saya peroleh
dari internet saya akan mencoba menerangkan tentang apa si itu metode diskusi?
Metode Diskusi adalah suatu cara guru untuk bagaimana menyampaikan suatu
pelajaran dengan cara yang efektif dan efisien. Dalam diskusi ini juga
mengajarkan siswa agar lebih aktif dalam dalam berkelompok dan memecahkan
masalah bersama. Diskusi juga mengajarkan siswa agar menjadi lebih aktif dalam
berbicara.
Pada
kali ini saya menemukan jurnal tentang PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL
BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BINTAN
TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Dalam dunia pendidikan pada khususnya kegiatan
belajar mengajar, strategi sangat diperlukan. Belajar mengajar adalah suatu
kegiatan yang bernilai edukatif
yang di dalamnya terdapat interaksi antara pengajar
atau guru dengan
peserta didik atau
siswa. Intreaksi tersebut merupakan
kegiatan yang terjalin baik antara guru dan siswa agar siswa tidak
merasa bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru. Dengan adanya metode
diskusi, diharapkan mempunyai
pengaruh terhadap hasil belajar
siswa. Perlu diadakan pengkajian ilmiah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dengan menggunakan
metode diskusi terhadap hasil belajar siswa tersebut. Hal ini
dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dengan menggunakan metode
tersebut.
Dari
data yang saya temukan terbukti bahwa metode diskusi ini sangat berpengaruh
terhadap proses belajar mengajar. Membuktikan bahwa Penggunaan metode
diskusi yang berbeda berpengaruh terhadap hasil belajar
bahasa Indonesia siswa kelas XI Sekolah
Menengah Atas Negeri 2 Bintan yang artinya ada perbedaan nilai rata-rata
antara kelas yang tidak menggunakan
metodediskusi (XI IPA1) dengan kelas yang menggunakan metode diskusi (XI IPS3).
Dan nilai rata-rata untuk kelas XI IPA1 adalah 74,29 nilai itu sangat jauh Dengan kelas XI IPS 3 mendapatkan rata-rata
kelas sebesar 85,52 nilai itu tergolong baik sekali. Dari nilai yang diperloreh
dapat dipastian belajar dengan metode diskusi sangat berpengaruh.
Jadi untuk para guru Metode diskusi berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, karena hasil belajar yang diperoleh dengan perlakuan menggunakan metode diskusi baik sekali. Metode diskusi berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Dengan demikian, karena hasil belajar yang diperoleh dengan perlakuan menggunakan metode diskusi baik sekali, maka perlakuan menggunakan metode diskusi memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa. Jadi, sebaiknya Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bintan sebaiknya menggunakan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Siswa hendaknya dapat menggunakan metode diskusi yang diberikan oleh guru secara maksimal.
Jadi untuk para guru Metode diskusi berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, karena hasil belajar yang diperoleh dengan perlakuan menggunakan metode diskusi baik sekali. Metode diskusi berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Dengan demikian, karena hasil belajar yang diperoleh dengan perlakuan menggunakan metode diskusi baik sekali, maka perlakuan menggunakan metode diskusi memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa. Jadi, sebaiknya Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bintan sebaiknya menggunakan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Siswa hendaknya dapat menggunakan metode diskusi yang diberikan oleh guru secara maksimal.
Demikian analisi tentang METODE DISKUSI.
Kesimpulannya adalah metode diskusi sangat membantu dalam hal belajar mengajar.
Dengan itu metode ini perlu diterapkan di setiap sekolah agar mencapai hasil
maksimal pada murid-murid. Karena metode ini sudah terbukti di SMP NEGERI 2
BINTAN dengan membandingkan nilai kelas yang memakai metode diskusi dan kelas
yang tidak menggunakan metode diskusi. Ternyata kelas yang menggunakan metode
diskusi nilainya lebih bagus daripada yang tidak memakai metode diskusi
PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR
BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BINTAN TAHUN
PELAJARAN 2012-2013
ARTIKEL E-JOURNAL
Oleh
NORMIN BADARIAH
090388201377
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
TANJUNGPINANG
2013
Pengaruh Metode
Diskusi Terhadap Hasil
Belajar Bahasa Indonesia
SiswaKelas XI Sekolah Menengah Atas
Negeri 2 Bintan
Tahun Pelajaran 2012-2013
oleh NorminBadariah. Jurusan
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia. Dosen Pembimbing 1: Dra. Hj. Isnaini Leo Shanty, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Siti Habiba, Lc., M.Ag., Norminbadariah@yahoo.com.
Abstrak
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan metode
diskusi terhadap hasil belajar
bahasa Indonesia siswa
kelas XI Sekolah
Menengah Atas Negeri
2 Bintantahun pelajaran 2012-2013. Metode yang
digunakan adalah metode
deskriptif kuantitatif,
yaitu metode untuk
menganalisis data dengan
cara mendeskripsikan atau
menggambarkan data yang telah terkumpul
sebagaimana adanya tanpa
bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku
untuk umum atau
generalisasi melakukan perhitungan
untuk mengujihipotesis yang
telah diajukan. Penggunaan
metode diskusi mampu
meningkatkan hasilbelajar bahasa
Indonesia siswa kelas
XI Sekolah Menengah
Atas Negeri 2
Bintan mencapai 13,63 %.
Kata Kunci: MetodeDiskusi, HasilBelajarBahasa Indonesia
Abstract
This
research intent to know purpose influence methodics discussion to usufruct
student indonesian studying brazes XI Country Senior High School 2 Bintan school years 2012 2013. Method
that is utilized
is quantitative descriptive
method, which is
method for menganalisis data
by describes or figure data
already collected as it were
mark sense without intentionally
make prevailing conclusion for common or generalizing does count to test
hypothesis already being
proposed. Purpose methodics
discussion can increase indonesian studying result student
brazes XI Country Senior High School 2 Bintan reaches 13,63 %.
Key
word: Discussion method, Indonesians Learned result
1. Pendahuluan
Dalam
dunia pendidikan pada khususnya kegiatan belajar mengajar, strategi sangat
diperlukan. Belajar mengajar
adalah suatu kegiatan
yang bernilai edukatif
yang di dalamnya terdapat
interaksi antara pengajar
atau guru dengan
peserta didik atau
siswa.Intreaksi tersebut merupakan
kegiatan yang terjalin baik antara guru dan siswa agar siswa tidak merasa bosan dengan
materi yang disampaikan oleh guru. Dengan
adanya metode diskusi,
diharapkan mempunyai pengaruh
terhadap hasil belajar siswa.
Perlu diadakan pengkajian
ilmiah untuk mengetahui
pengaruh yang ditimbulkan dengan
menggunakan metode diskusi
terhadap hasil belajar
siswa tersebut.Hal ini
dilakukan untuk mengukur
tingkat keberhasilan siswa
dengan menggunakan metode
tersebut.
2. MetodePenelitian
Metode dalam
penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kuantitatif,
yaitu metode untuk menganalisis data dengan cara
mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah
terkumpul sebagaimana adanya
tanpa bermaksud membuat
kesimpulan yang berlaku untuk
umum atau generalisasi
melakukan perhitungan untuk
menguji hipotesis yang telah
diajukan.
3. Hasil Penelitian dan Pembahasan
• Deskriptif
Post-Test Kelas yang
Tidak Menggunakan Metode
Diskusi dan Kelas yang Menggunakan Metode
DiskusiUntuk kelas yang
tidak menggunakan metode
diskusi (XI IPA1) menggunakan sampel
berjumlah N1 =
21 dengan nilai
rata-rata (mean) sebesar74,29; nilai minimun sebesar 60; dan
nilai maximum sebesar 95. Sedangkan untuk kelas eksperimen (XI IPS3)
menggunakan sampel berjumlah N2 = 29 dengan nilai rata-rata (mean)
sebesar 85,52; nilai
minimum sebesar 60;
dan nilai maximum sebesar 100.
• Uji
Normalitas Post-test Kelas
yang Tidak Menggunakan
Metode Diskusi dan Kelas yang Menggunakan Metode
DiskusiBerdasarkan tabel Tests
of Normality, maka
nilai (sig) untuk
kelas yang tidak menggunakan
metode diskusi (sig)
= 0,40 >
α = 0,025,
maka H0 diterima yang artinya
data kelas yang
tidak menggunakan metode
diskusi berdistribusi normal begitu
juga dengan nilai
(sig) untuk kelas yang menggunakan
metode diskusi (sig) = 0,33 >
α = 0,025, maka H0 diterima yang artinya data kelas yang menggunakan metode diskusi berdistribusi
normal.
• Uji
Homogenitas Post-test kelas
yang Tidak Menggunakan
Metode Diskusi danKelas yang Menggunakan Metode DiskusiDari
tabel Test of Homogeneity of Variances, nilai (sig) sebesar 0,556. Pada
penelitian ini nilai
α = 0,01.
Dari hasil perbandingan
antara nilai (sig)
dan α, diperoleh: sig = 0,556 > α = 0,01, sehingga keputusannya
H0diterima, yaitu tidak ada perbedaan
nilai varian dari kedua kelas.
• Pengujian
Hipotesis Post-test Kelas
yang Tidak Menggunakan
Metode Diskusi dan Kelas yang
Menggunakan Metode Diskusi Nilai Fhitung dalam penelitian ini dapat dilihat
dari tabel ANOVA = 17,429. Ini berarti
nilai Fhitung =
17,429 > Ftabel=
4,043. ini membuktikan bahwa Penggunaan metode
diskusi yang berbeda
berpengaruh terhadap hasil
belajar bahasa Indonesia siswa
kelas XI Sekolah
Menengah Atas Negeri
2 Bintan yang artinya ada perbedaan nilai rata-rata
antara kelas yang tidak menggunakan
metodediskusi (XI IPA1) dengan kelas yang menggunakan metode diskusi (XI
IPS3).
4. Simpulan dan Rekomendasi
1. Metode
diskusi sudah digunakan
di Sekolah Menengah
Atas Negeri 2
Bintandalam proses belajar mengajar di kelas.
2. Berdasarkan
sakala huruf yang
dikemukakan oleh Arikunto,
Hasil belajar bahasa Indonesia
siswa Kelas XI Sekolah Menengah
Atas Negeri 2 Bintan tergolong
baik sekali dengan nilai rata-rata post-test
kelas yang menggunakan
metode diskusi (XI IPS3) sebesar 85,52.
3.
Metode diskusi berpengaruh
untuk meningkatkan hasil
belajar bahasa Indonesia siswa. Dengan
demikian, karena hasil
belajar yang diperoleh
dengan perlakuan menggunakan metode
diskusi baik sekali, maka
perlakuan menggunakan metode
diskusimemberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.
Jadi, sebaiknya
Guru bahasa Indonesia
Sekolah Menengah Atas
Negeri 2 Bintan sebaiknya menggunakan
metode diskusi untuk
meningkatkan hasil belajar
bahasa Indonesia siswa.
Siswa hendaknya dapat
menggunakan metode diskusi yang diberikan oleh guru secara maksimal.
DaftarPustaka
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara
B. Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses
Belajar Mengajar yang Kreatif dan
Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan.
2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
_________2005. Guru dan
Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djojosuroto, Kinayati dan Sumaryati.
2010. Prinsip-prinsip Dasar PenelitianBahasa dan Sastra. Bandung: Penerbit
Nuansa
Fathoni
Reza Irfanto 2011.
Pengaruh Penerapan Metode
Pembelajaran Student Teams Achievement Division
(STAD) Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas
X SMK
Perindustrian Yogyakarta
Tahun Pelajaran 2010/2011.
Prgoram Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
Ghozali,
Imam. 2006. Aplikasi
Analisis Multivariate dengan
Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan.
Jakarta: PT Bumi Aksara
Hardini,
Isrianai dan Puspitasari,
Dewi. 2012. Strategi
Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta:
Familia (Group Relasi Inti Media)
Hasibuan, J.J. 2009. Proses Belajar
Mengajar. Bandung: PT Remaja RosdakaryaKouncoro, Mudrajad.
_________2003. Metode Riset untuk Bisnis
dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga Maslikhah.
_________2008. Pengaruh Metode
Diskusi dan Presentasi
terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester Dua
Madrasah Aliah Negeri Yogyakarta III Tahun Ajaran 2006-2007. Skripsi,
Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
Nuryana Purwaning. 2012. Pengaruh
Strategi Inkuiri Terhadap Hasil belajar Ditinjau dari
Keterampilan Observasi
Siswa Kelas X
Sekolah Menengah Atas
Negeri Kebakkramat. Jurnal skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Sanjaya,
Wina. 2009. Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta:
Prenada Media Group
Siregar,
Syofian. 2013. Statistik
Parametrik untuk Penelitian
Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana,
Nana. 2011. Penelitian
Hasil Proses Belajar
Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sutanto, 2013. Buku Pintar Bikin
Proposal Tepat Sasaran. Yogyakarta: MitraBuku
Trihendradi, 2009.
Step By Step
SPSS Analisis Data
Satatistik. Yogyakarta: CV
Andi Offset
Zahral
Hayati. 2013. Pengaruh
Metode Diskusi Kelompok
Tutor Sebaya Terhadap Aktivitas dan
Hasil Belajar Mata
Pelajaran Biologi di SMA Srijaya
Negara Palembang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Sriwijaya
0 komentar:
Posting Komentar