Pages

Minggu, 07 Juni 2015

METODE DISKUSI



TUGAS METODE DAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
ANALISIS TENTANG METODE DISKUSI
“PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013”



      



Disusun oleh :
Abdurrohman Nur Hidayat           (K2513001)



PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2014


METODE DISKUSI
Pada tugas kali ini saya akan menganalisis/berkomentar mengenai artikel ilmiah yang berjudul METODE DISKUSI. Sebelum berkomentar tentang jurnal yang saya peroleh dari internet saya akan mencoba menerangkan tentang apa si itu metode diskusi? Metode Diskusi adalah suatu cara guru untuk bagaimana menyampaikan suatu pelajaran dengan cara yang efektif dan efisien. Dalam diskusi ini juga mengajarkan siswa agar lebih aktif dalam dalam berkelompok dan memecahkan masalah bersama. Diskusi juga mengajarkan siswa agar menjadi lebih aktif dalam berbicara.
Pada kali ini saya menemukan jurnal tentang PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Dalam dunia pendidikan pada khususnya kegiatan belajar mengajar, strategi sangat diperlukan. Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang  bernilai  edukatif  yang  di dalamnya  terdapat interaksi antara  pengajar  atau  guru  dengan  peserta  didik  atau  siswa. Intreaksi  tersebut  merupakan  kegiatan yang terjalin baik antara guru dan siswa agar siswa tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru. Dengan adanya metode diskusi, diharapkan mempunyai  pengaruh  terhadap hasil belajar siswa. Perlu diadakan pengkajian ilmiah untuk mengetahui  pengaruh yang ditimbulkan dengan menggunakan metode diskusi  terhadap  hasil belajar siswa tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dengan menggunakan metode tersebut.
Dari data yang saya temukan terbukti bahwa metode diskusi ini sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Membuktikan bahwa Penggunaan  metode  diskusi  yang  berbeda berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI Sekolah  Menengah Atas Negeri 2 Bintan yang artinya ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas  yang tidak menggunakan metodediskusi (XI IPA1) dengan kelas yang menggunakan metode diskusi (XI IPS3). Dan nilai rata-rata untuk kelas XI IPA1 adalah 74,29 nilai itu sangat jauh  Dengan kelas XI IPS 3 mendapatkan rata-rata kelas sebesar 85,52 nilai itu tergolong baik sekali. Dari nilai yang diperloreh dapat dipastian belajar dengan metode diskusi sangat berpengaruh.
            Jadi untuk para guru Metode diskusi berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar  siswa. Dengan demikian, karena hasil belajar yang diperoleh dengan perlakuan menggunakan  metode diskusi baik sekali. Metode  diskusi  berpengaruh  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  bahasa Indonesia siswa.  Dengan  demikian,  karena  hasil  belajar  yang  diperoleh  dengan  perlakuan menggunakan  metode  diskusi  baik  sekali, maka  perlakuan  menggunakan  metode  diskusi memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa. Jadi, sebaiknya Guru Sekolah Menengah  Atas Negeri 2 Bintan sebaiknya menggunakan metode  diskusi  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  bahasa Indonesia siswa. Siswa hendaknya dapat menggunakan metode diskusi yang diberikan oleh guru secara maksimal.
 Demikian analisi tentang METODE DISKUSI. Kesimpulannya adalah metode diskusi sangat membantu dalam hal belajar mengajar. Dengan itu metode ini perlu diterapkan di setiap sekolah agar mencapai hasil maksimal pada murid-murid. Karena metode ini sudah terbukti di SMP NEGERI 2 BINTAN dengan membandingkan nilai kelas yang memakai metode diskusi dan kelas yang tidak menggunakan metode diskusi. Ternyata kelas yang menggunakan metode diskusi nilainya lebih bagus daripada yang tidak memakai metode diskusi













PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BINTAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013
ARTIKEL E-JOURNAL











Oleh
NORMIN BADARIAH
090388201377
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
TANJUNGPINANG
2013
Pengaruh  Metode  Diskusi  Terhadap  Hasil  Belajar  Bahasa Indonesia SiswaKelas XI Sekolah  Menengah  Atas  Negeri  2  Bintan  Tahun  Pelajaran  2012-2013  oleh  NorminBadariah.  Jurusan  Pendidikan  Bahasa  dan  Sastra Indonesia.  Dosen  Pembimbing 1: Dra. Hj. Isnaini  Leo Shanty, M.Pd., Dosen  Pembimbing 2: Siti  Habiba, Lc., M.Ag., Norminbadariah@yahoo.com.
Abstrak
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penggunaan  metode  diskusi  terhadap hasil  belajar  bahasa  Indonesia  siswa  kelas  XI  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri  2  Bintantahun  pelajaran 2012-2013. Metode yang digunakan  adalah  metode  deskriptif  kuantitatif, yaitu  metode  untuk  menganalisis data dengan  cara  mendeskripsikan  atau  menggambarkan data  yang  telah  terkumpul  sebagaimana  adanya  tanpa  bermaksud  membuat  kesimpulan yang  berlaku  untuk  umum  atau  generalisasi  melakukan  perhitungan  untuk  mengujihipotesis  yang  telah  diajukan.  Penggunaan  metode  diskusi  mampu  meningkatkan  hasilbelajar  bahasa  Indonesia  siswa  kelas  XI  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri  2  Bintan mencapai 13,63 %.        Kata Kunci: MetodeDiskusi, HasilBelajarBahasa Indonesia
Abstract
This research intent to know purpose influence methodics discussion to usufruct student indonesian studying brazes XI Country Senior  High School 2 Bintan school  years 2012 2013.  Method  that  is  utilized  is  quantitative  descriptive  method,  which  is  method  for menganalisis  data  by  describes  or  figure  data  already  collected  as  it  were  mark  sense without intentionally make prevailing conclusion for common or generalizing does count to  test  hypothesis  already  being  proposed.  Purpose  methodics  discussion  can  increase indonesian studying result student brazes XI Country Senior High School 2 Bintan reaches 13,63 %.
Key word: Discussion method, Indonesians Learned result


1.  Pendahuluan
Dalam dunia pendidikan pada khususnya kegiatan belajar mengajar, strategi sangat diperlukan.  Belajar  mengajar  adalah  suatu  kegiatan  yang  bernilai  edukatif  yang  di dalamnya  terdapat  interaksi  antara  pengajar  atau  guru  dengan  peserta  didik  atau  siswa.Intreaksi  tersebut  merupakan  kegiatan yang terjalin  baik  antara guru dan  siswa agar siswa tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru. Dengan  adanya  metode  diskusi,  diharapkan  mempunyai  pengaruh  terhadap  hasil belajar  siswa.  Perlu  diadakan  pengkajian  ilmiah  untuk  mengetahui  pengaruh  yang ditimbulkan  dengan  menggunakan  metode  diskusi  terhadap  hasil  belajar  siswa  tersebut.Hal  ini  dilakukan  untuk  mengukur  tingkat  keberhasilan  siswa  dengan  menggunakan metode tersebut.
2.  MetodePenelitian
Metode  dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  kuantitatif,  yaitu metode  untuk  menganalisis data dengan  cara  mendeskripsikan  atau  menggambarkan data yang  telah  terkumpul  sebagaimana  adanya  tanpa  bermaksud  membuat  kesimpulan  yang berlaku  untuk  umum  atau  generalisasi  melakukan  perhitungan  untuk  menguji  hipotesis yang telah diajukan.
3.  Hasil Penelitian dan Pembahasan
  Deskriptif  Post-Test  Kelas  yang  Tidak  Menggunakan  Metode  Diskusi  dan  Kelas yang Menggunakan Metode DiskusiUntuk  kelas  yang  tidak  menggunakan  metode  diskusi  (XI  IPA1) menggunakan  sampel  berjumlah  N1  =  21  dengan  nilai  rata-rata  (mean)  sebesar74,29; nilai minimun sebesar 60;  dan  nilai maximum sebesar 95. Sedangkan untuk kelas eksperimen  (XI IPS3)  menggunakan sampel berjumlah N2 = 29 dengan nilai rata-rata  (mean)  sebesar  85,52;  nilai  minimum  sebesar  60;  dan  nilai  maximum sebesar 100.
  Uji  Normalitas  Post-test  Kelas  yang  Tidak  Menggunakan  Metode  Diskusi  dan Kelas yang Menggunakan Metode DiskusiBerdasarkan  tabel  Tests  of  Normality,  maka  nilai  (sig)  untuk  kelas  yang tidak  menggunakan  metode  diskusi  (sig)  =  0,40  >  α  =  0,025,  maka  H0 diterima yang  artinya  data  kelas  yang  tidak  menggunakan  metode  diskusi  berdistribusi normal  begitu  juga  dengan  nilai  (sig)  untuk kelas yang  menggunakan  metode diskusi  (sig) = 0,33 > α = 0,025, maka H0 diterima yang artinya data kelas  yang menggunakan metode diskusi berdistribusi normal.
  Uji  Homogenitas  Post-test  kelas  yang  Tidak  Menggunakan  Metode  Diskusi  danKelas yang Menggunakan Metode DiskusiDari tabel Test of Homogeneity of Variances, nilai (sig) sebesar 0,556. Pada penelitian  ini  nilai  α  =  0,01.  Dari  hasil  perbandingan  antara  nilai  (sig)  dan  α, diperoleh: sig  = 0,556 > α = 0,01, sehingga keputusannya H0diterima,  yaitu tidak ada perbedaan nilai varian dari kedua kelas.
  Pengujian  Hipotesis  Post-test  Kelas  yang  Tidak  Menggunakan  Metode  Diskusi dan Kelas yang Menggunakan Metode Diskusi Nilai Fhitung dalam penelitian ini dapat dilihat dari tabel ANOVA  = 17,429. Ini  berarti  nilai  Fhitung  =  17,429  >  Ftabel=  4,043. ini  membuktikan  bahwa Penggunaan  metode  diskusi  yang  berbeda  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar bahasa  Indonesia  siswa  kelas  XI  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri  2  Bintan  yang artinya ada perbedaan nilai rata-rata antara kelas  yang tidak  menggunakan  metodediskusi (XI IPA1) dengan kelas yang menggunakan metode diskusi (XI IPS3).
4.  Simpulan dan Rekomendasi
1.  Metode  diskusi  sudah  digunakan  di  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri  2  Bintandalam proses belajar mengajar di kelas.
2.  Berdasarkan  sakala  huruf  yang  dikemukakan  oleh  Arikunto,  Hasil  belajar bahasa Indonesia siswa  Kelas XI Sekolah  Menengah  Atas  Negeri 2 Bintan  tergolong  baik sekali  dengan  nilai rata-rata  post-test  kelas yang menggunakan  metode  diskusi  (XI IPS3) sebesar 85,52.
3. Metode  diskusi  berpengaruh  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  bahasa Indonesia siswa.  Dengan  demikian,  karena  hasil  belajar  yang  diperoleh  dengan  perlakuan menggunakan  metode  diskusi  baik  sekali, maka  perlakuan  menggunakan  metode  diskusimemberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.
Jadi,  sebaiknya  Guru  bahasa  Indonesia  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri  2  Bintan sebaiknya  menggunakan  metode  diskusi  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  bahasa Indonesia siswa.  Siswa  hendaknya  dapat  menggunakan  metode  diskusi yang diberikan  oleh guru secara maksimal.
DaftarPustaka
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
B. Uno, Hamzah. 2007.  Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar  Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006.  Strategi Belajar  Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
_________2005.  Guru dan  Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djojosuroto, Kinayati dan Sumaryati. 2010. Prinsip-prinsip Dasar PenelitianBahasa dan Sastra. Bandung: Penerbit Nuansa
Fathoni  Reza  Irfanto  2011.  Pengaruh  Penerapan  Metode  Pembelajaran  Student  Teams Achievement  Division  (STAD)  Terhadap  Hasil  Belajar  Siswa  Kelas  X  SMK
Perindustrian  Yogyakarta  Tahun  Pelajaran  2010/2011.  Prgoram  Studi  Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Ghozali,  Imam.  2006.  Aplikasi  Analisis  Multivariate  dengan  Program  SPSS.  Semarang: Universitas Diponegoro
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hardini,  Isrianai  dan  Puspitasari,  Dewi.  2012.  Strategi  Pembelajaran  Terpadu. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media)
Hasibuan, J.J. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RosdakaryaKouncoro, Mudrajad.
_________2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga Maslikhah.
_________2008. Pengaruh  Metode  Diskusi  dan  Presentasi  terhadap  Prestasi  Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester Dua Madrasah Aliah Negeri Yogyakarta III Tahun Ajaran 2006-2007. Skripsi, Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Mulyatiningsih, Endang. 2012.  Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Nuryana Purwaning. 2012. Pengaruh Strategi Inkuiri Terhadap Hasil belajar Ditinjau dari
Keterampilan  Observasi  Siswa  Kelas  X  Sekolah  Menengah  Atas  Negeri Kebakkramat. Jurnal skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Sanjaya,  Wina.  2009.  Strategi  Pembelajaran  Berorientasi  Standar  Proses  Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Siregar,  Syofian.  2013.  Statistik  Parametrik  untuk  Penelitian  Kuantitatif.  Jakarta:  Bumi Aksara
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudjana,  Nana.  2011.  Penelitian  Hasil  Proses  Belajar  Mengajar.  Bandung:  PT  Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sutanto, 2013. Buku Pintar Bikin Proposal Tepat Sasaran. Yogyakarta: MitraBuku
Trihendradi,  2009.  Step  By  Step  SPSS  Analisis  Data  Satatistik.    Yogyakarta:  CV  Andi Offset
Zahral  Hayati.  2013.  Pengaruh  Metode  Diskusi  Kelompok  Tutor  Sebaya  Terhadap Aktivitas  dan  Hasil  Belajar  Mata  Pelajaran  Biologi  di  SMA  Srijaya  Negara Palembang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

0 komentar:

Posting Komentar